Skip to main content

7 Manga Yang Paling Berkesan : The List (Ep. 1)

Hehehe, kalau sebelumnya, atas instruksi dari pak Ketua BASB, kami diminta menuliskan, 7 buku paling berkesan. Sekarang saya malah jadi ingin menuliskan judul 7 Manga paling berkesan dalam ingatan saya.

Saya tidak ingat, kapan saya mulai membaca Komik ataupun Manga, tapi saya ingat saya dulu sempat memotokopi gambar-gambar komik/manga yang berkesan dan menyelipkannya di sampul buku pelajaran.

Manga (漫画 ) merupakan komik yang dibuat di Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang, sesuai dengan gaya yang dikembangkan di Jepang pada akhir abad ke-19.Kata tersebut memiliki sejarah yang panjang dan sangat rumit.


Di Jepang, orang dari segala usia membaca manga. Manga sendiri terbagi dalam berbagai genre: aksi-petualangan, asmara, olahraga dan permainan, sejarah drama, komedi, fiksi ilmiah dan fantasi, misteri, detektif, horor, seksualitas, dan bisnis / perdagangan, dan lain-lain. 

Sejak 1950-an, manga telah berkembang menjadi bagian utama dari industri penerbitan Jepang. Manga juga telah menjadi bacaan di seluruh dunia, dengan angka pertumbuhan pembaca yang semakin meningkat. Di Eropa dan Timur Tengah pasaran bagi manga bernilai $250 juta. Pada tahun 2008, di Amerika Serikat dan Kanada, pasaran manga merupakan industri senilai $ 175 juta. 

Cerita manga biasanya dicetak dalam hitam putih, namun ada juga beberapa manga tampil penuh warna. Di Jepang, manga biasanya terbit dalam bentuk serial di majalah khusus manga, yang didalamnya memuat banyak judul, masing-masing disajikan dalam satu episode kemudian dilanjutkan di edisi berikutnya. Jika serial itu berhasil, bab-bab itu dikumpulkan dan dapat dipublikasikan ulang pada buku paperback yang biasa disebut tankōbon.

Seorang seniman manga biasanya bekerja dengan beberapa asisten di sebuah studio dan berhubungan dengan editor kreatif dari perusahaan penerbitan komersial. Jika seri manga cukup populer, mungkin saja akan dianimasikan, setelah atau bahkan bisa saja disaat manga sedang berjalan serialnya.

Istilah manga (kanji: 漫画; hiragana: まんが; katakana: マンガ; adalah kata dalam bahasa Jepang yang merujuk terhadap keduanya, baik untuk komik dan kartunis. Sedangkan "Manga" sebagai istilah yang digunakan di luar Jepang merujuk secara khusus untuk komik aslinya yang diterbitkan di Jepang.

Pada beberapa negara, Manga dipengaruhi, dari karya-karya asli, yang ada di negara itu, misalnya seperti di China, Hong Kong, dan Taiwan ("manhua"), dan Korea Selatan ("manhwa"). Di Perancis, "la nouvelle manga" telah dikembangkan sebagai bentuk bande dessinée, komik yang digambar dalam gaya yang dipengaruhi oleh manga. Sedangkan di Amerika ada istilah OEL Manga, komik Amerika yang digambar dengan gaya dan konsep manga.

7 Manga yang paling berkesan bagi saya adalah:
(Judul bahasa Indonesia, ntar kalau ada waktu judul aslinya akan saya tampilkan juga).

1. Dragon Ball
2. Pop Corn ( bahkan sampai ke mini sekuelnya: Okita in Memory)
3. Tinju Bintang Utara
4. Darah Ksatria
5. Seven Magic
6. Panic
7. Candy-candy

Hehehe, campur aduk ya genrenya. Dari yang aksi sampai yang romantis. But, i just like to read it.

Comments

  1. cuma tahu dan pernah dengr cuma dua: dragol ball dngn candy-candy..
    ingat dragon ball dg candy-candy, ingat RCTI tahun 1990-an.
    hehehe

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kung fu boy keren, tapi mungkin karena agak susah dapatinnya waktu itu, jd belakangan baru tamatin bacanya.

      Delete
  3. Isni nggak pinter baca komik, jadi nggak kenal satu pun buku di atas. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

3 Serial Karya Enid Blyton Yang Paling Saya Sukai

Lima sekawan, serial paling populer dari penulis Inggris  Enid Blyton . Serial ini yang pertama kali saya baca dari sekian banyak buku karya Blyton yang kemudian saya baca, bertahun-tahun sejak saya masih anak-anak hingga SMA. Tapi dari semua buku Blyton, yang paling saya sukai bukanlah lima sekawan. Ada tiga seri yang saya sukai: Seri Petualangan, The Adventures Series Seri Empat Petualang, The Adventurous Four Seri Empat Serangkai,  The Secret Series Sedikit berbeda dengan lima sekawan, ketiga serial ini memiliki keunikan dalam petualangan mereka. Tempat yang menjadi latar yang umumnya lebih unik dan menarik, juga jalan cerita yang sedikit lebih rumit. Sebut saja Seri Petualangan , yang terdiri dari delapan buku ini, umumnya mengambil setting diberbagai tempat baik di Inggris, scotlandia, hingga ke perairan mediterania.  Delapan buku dalam seri Petualangan, semua judulnya diawali dengan kata 'petualangan' : Petualangan di Lembah Maut  Petualangan di

TIRAI, Penutup Panggung Kehidupan Hercule Poirot

Sejak pertama kali membaca kisah detektif karya 'Diva Novel Detektif' Agatha Christie, saya jatuh cinta dengan karakter Hercule Poirot. Gayanya yang selalu elegan, sok berkelas, dan sangat membanggakan kemampuan analisisnya. Berbeda dengan gaya detektif legendaris Inggris lainnya, Sherlock Holmes. Yang metodenya terkadang tidak masuk akal. Mengenali jenis abu tembakau, mengenali jenis tanah, lumpur yang begitu dilihat langsung dikenali hanya ada di sungai tertentu. Kemampuan deduksi Sherlock pun agak terlalu berlebihan. Sebaliknya, terlepas dari kesombongan dan penilaian yang terlalu tinggi terhadap kemampuannya, Hercule Poirot, lebih manusiawi. Tirai, edisi aslinya Curtain, dirilis tahun 1975. Adalah penutup dari kisah Hercule Poirot. Ada yang unik pada Tirai. Sepertinya Agatha Christie memiliki impian untuk memulai dan mengakhiri kisah Poirot, di Styles. Dimulai di desa Styles, kasus Pembunuhan di Styles merupakan novel perdana Agatha yang memperkenalkan tokoh Herc

Bu Kek Sian Su

Pertama kali saya membaca buku silat karya  Asmaraman S. Kho Ping Ho  adalah ketika saya baru tamat SD. Saat itu saya terpaksa liburan di rumah. Karena menjalani kewajiban yang mesti dijalani oleh semua anak laki-laki, sunat. Ayah saya yang mewariskan kecintaan pada buku dan membaca, memang penyuka Kho Ping Ho, kebetulan juga saat itu menyewa serial silat cina dari satu penyewaan buku di kota Banda Aceh. Buku yang beliau sewa adalah serial Bu Kek Sian Su. Bu Kek Siansu adalah episode pertama yang mengawali serial silat yang keseluruhannya terdiri atas 17 seri  Bu Kek Sian Su, Suling Emas, Cinta Bernoda Darah, Mutiara Hitam, Istana Pulau Es, Kisah Pendekar Bongkok, Pendekar Super Sakti, Sepasang Pedang Iblis, Kisah Sepasang Rajawali, Jodoh Rajawali, Suling Emas dan Naga Siluman, Kisah Para Pendekar Pulau Es, Suling Naga, Kisah si Bangau Putih, Kisah si Bangau Merah, Si Tangan Sakti, dan Pusaka Pulau Es.