Skip to main content

Neverwhere, dunia alternatif penuh kegelapan ala Neil Gaiman.

alternate world
 Web definitions
parallel universe or alternative reality is a hypothetical or fictional self-contained separate reality coexisting with one's own. A specific group of parallel universes is called a "multiverse", although this term can also be used to describe the possible parallel universes that constitute reality. While the terms "parallel universe" and "alternative reality" are generally synonymous and can be used interchangeably in most cases, there is sometimes an additional connotation implied with the term "alternative reality" that implies that the reality is a variant of our own. The term "parallel universe" is more general, without any connotations implying a relationship, or lack of relationship, with our own universe. A universe where the very laws of nature are different – for example, one in which there are no Laws of Motion – would in general count as a parallel universe but not an alternative reality.
The correct quantum mechanical definition of parallel universes is "universes that are separated from each other by a single quantum event." 
http://en.wikipedia.org/wiki/Alternate_world 


Buku ini adalah perkenalan pertama saya dengan Neil Gaiman. Penulis dengan gaya sinis dan gelap, yang sepertinya terlahir dengan bakat menciptakan Alternate World.

Sampai hari ini saya masih menyimpan 'rasa kesal yang cenderung memicu kemarahan fatal' pada mereka yang meminjam buku Neverwhere, Good Omen, dan The Graveyard Book, milik saya lalu menghilangkannya. Sampai kapanpun mereka berada dalam daftar hitam, orang-orang yang tidak akan saya pinjami lagi buku.

Buku ini diawali dengan narasi yang memukau, tentang stasiun bawah tanah London. Lalu pembaca diperkenalkan pada sosok Richard Mayhew. Seorang laki-laki kebanyakan. Bekerja di perusahaan yang cukup baik, punya kehidupan normal, punya tunangan bernama Jessica, yang sangat dominan mengendalikan kehidupan Richard.

Suatu hari saat Richard, dan Jessica, menemukan seorang gadis berpakaian mirip gelandangan terluka di trotoar jalan. Saat itu mereka 
sedang menuju restoran untuk makan malam. Richard segera menolong gadis tersebut, dia sendiri tidak mengerti apa yang membuatnya melakukannya, mengacuhkan ancaman Jessica yang akan memutuskan pertunangan mereka jika Richard tetap menolong gadis gelandangan tersebut.

Awalnya Richard bermaksud untuk membawa gadis tersebut, yang kemudian diketahuinya bernama Door ke rumah sakit. Namun Door menolak dan meminta dibawa ke tempat yang aman. Akhirnya Richard membawa Door ke apartemennya dan mengobatinya disana.

Berawal dari situ, cerita yang awalnya menarik sebagai kehidupan biasa, dengan cepat membawa beragam kejutan, dan menjadi menarik dengan keberadaan dunia alternatif yang unik, gelap, dan penuh dengan mahluk mengerikan.

Jangan membayangkan Harry Potter atau Middle Earth dalam Lord of The Ring.

Dunia alternatif bernama London Bawah, adalah dunia dengan aturan berbeda. Kehidupan yang jauh lebih primitif, penuh dengan pertempuran, usaha bertahan hidup, mahluk yang bukan hanya manusia. Penghuni London Bawah berada dalam aturan realitas berbeda dengan penghuni London Atas. 

Mereka yang menghuni London Bawah, tidak eksis bagi penghuni London Atas. Keberadaan mereka tidak disadari, kecuali dalam keadaan yang sangat terpaksa. Konsekuensinya adalah bila penghuni kedua dunia itu berinteraksi, maka keberadaan si penghuni dunia atas akan memudar dari dunia atas. Eksistensinya akan terserap oleh dunia bawah.

Satu sudut pandang gelap dari Neil Gaiman, namun sebenarnya realistis. Untuk apapun yang kita lakukan, akan ada konsekuensi, pengaruh yang meyertainya, dan kita tidak bisa melarikan diri dari aturan itu.

Richard kehilangan eksistensinya di dunia atas, ia terjebak dalam dunia bawah yang sangat berbeda dengan kehidupan modern yang dikenalnya. Ia mesti berjuang hidup, tidak punya pilihan selain bertarung atau mati. Dan Richard menjalaninya dengan penuh keterpaksaan. Hidupnya kini bukan pilihan lagi, ia telah memilih ketika memutuskan menolong Door untuk mencari Marquis De Carabas.

Tersesat dalam dunia baru, dikejar sepasang pembunuh eksentrik, Richard mencari Door yang menghilang setelah bertemu dengan Marquis de Carabas. Kehidupannya yang berubah total itu justru ternyata adalah kehidupan yang belakangan disukainya.

Ketika akhirnya mendapat kesempatan untuk kembali pada kehidupan awalnya, di London Atas. Richard dengan penuh kesadaran, memutuskan kembali ke London Bawah.

Ada banyak tokoh dengan karakter yang kuat dalam cerita ini. Juga imajinasi yang liar namun menarik yang dimunculkan dalam Neverwhere. Katakan saja pemaknaan Neil Gaiman soal nama-nama stasiun kereta api london yang unik dan aneh. Di stasiun Earl’s Court seorang Earl betul=betul ada, begitu pula dengan Angel Islington dan Hammersmith.

Dan soal dialog, Neil Gaiman, salah satu yang terbaik dalam memancing ketertarikan pembaca. Dengan caranya yang khas ia mampu membuat tokoh-tokohnya berbicara dengan kepribadian yang unik dan kuat.


"Sir. Bolehkan saya dengan segala hormat mengingatkan Anda bahwa Mr.Vandemar dan saya sendiri yang membakar kota Troya. Kami membawa wabah hitam ke Flanders. Kami sudah membunuh lusinan raja, lima paus, lima puluh pahlawan dan dua dewa terakreditasi."

Dialog antara sepasang pembunuh eksentrik, dengan pihak yang mempekerjakan mereka. Unik dan membuat saya membayangkan bagaimana mereka menyampaikannya dengan gaya seorang pengusaha terlatih. Profesional, dan jauh dari kesan bandit murahan.


Comments

Popular posts from this blog

3 Serial Karya Enid Blyton Yang Paling Saya Sukai

Lima sekawan, serial paling populer dari penulis Inggris  Enid Blyton . Serial ini yang pertama kali saya baca dari sekian banyak buku karya Blyton yang kemudian saya baca, bertahun-tahun sejak saya masih anak-anak hingga SMA. Tapi dari semua buku Blyton, yang paling saya sukai bukanlah lima sekawan. Ada tiga seri yang saya sukai: Seri Petualangan, The Adventures Series Seri Empat Petualang, The Adventurous Four Seri Empat Serangkai,  The Secret Series Sedikit berbeda dengan lima sekawan, ketiga serial ini memiliki keunikan dalam petualangan mereka. Tempat yang menjadi latar yang umumnya lebih unik dan menarik, juga jalan cerita yang sedikit lebih rumit. Sebut saja Seri Petualangan , yang terdiri dari delapan buku ini, umumnya mengambil setting diberbagai tempat baik di Inggris, scotlandia, hingga ke perairan mediterania.  Delapan buku dalam seri Petualangan, semua judulnya diawali dengan kata 'petualangan' : Petualangan di Lembah Maut  Petualangan di

TIRAI, Penutup Panggung Kehidupan Hercule Poirot

Sejak pertama kali membaca kisah detektif karya 'Diva Novel Detektif' Agatha Christie, saya jatuh cinta dengan karakter Hercule Poirot. Gayanya yang selalu elegan, sok berkelas, dan sangat membanggakan kemampuan analisisnya. Berbeda dengan gaya detektif legendaris Inggris lainnya, Sherlock Holmes. Yang metodenya terkadang tidak masuk akal. Mengenali jenis abu tembakau, mengenali jenis tanah, lumpur yang begitu dilihat langsung dikenali hanya ada di sungai tertentu. Kemampuan deduksi Sherlock pun agak terlalu berlebihan. Sebaliknya, terlepas dari kesombongan dan penilaian yang terlalu tinggi terhadap kemampuannya, Hercule Poirot, lebih manusiawi. Tirai, edisi aslinya Curtain, dirilis tahun 1975. Adalah penutup dari kisah Hercule Poirot. Ada yang unik pada Tirai. Sepertinya Agatha Christie memiliki impian untuk memulai dan mengakhiri kisah Poirot, di Styles. Dimulai di desa Styles, kasus Pembunuhan di Styles merupakan novel perdana Agatha yang memperkenalkan tokoh Herc

Bu Kek Sian Su

Pertama kali saya membaca buku silat karya  Asmaraman S. Kho Ping Ho  adalah ketika saya baru tamat SD. Saat itu saya terpaksa liburan di rumah. Karena menjalani kewajiban yang mesti dijalani oleh semua anak laki-laki, sunat. Ayah saya yang mewariskan kecintaan pada buku dan membaca, memang penyuka Kho Ping Ho, kebetulan juga saat itu menyewa serial silat cina dari satu penyewaan buku di kota Banda Aceh. Buku yang beliau sewa adalah serial Bu Kek Sian Su. Bu Kek Siansu adalah episode pertama yang mengawali serial silat yang keseluruhannya terdiri atas 17 seri  Bu Kek Sian Su, Suling Emas, Cinta Bernoda Darah, Mutiara Hitam, Istana Pulau Es, Kisah Pendekar Bongkok, Pendekar Super Sakti, Sepasang Pedang Iblis, Kisah Sepasang Rajawali, Jodoh Rajawali, Suling Emas dan Naga Siluman, Kisah Para Pendekar Pulau Es, Suling Naga, Kisah si Bangau Putih, Kisah si Bangau Merah, Si Tangan Sakti, dan Pusaka Pulau Es.